Archives

Search

Peran Pendidikan Islam Dalam Membentuk Moral Bangsa

June 12th, 2010 by 06422012

Peran Pendidikan Islam

Dalam Membentuk Moral Bangsa

Era Reformasi selain melahirkan perubahan dan perkembangan positif, seperti demokratisasi bidang sosial politik dan lain-lain, juga tak terhindarkan memicu munculnya krisis multi-dimensional, yang hingga saat ini belum terselesaikan secara menyeluruh, sebaliknya ada kecenderungan semakin memprihatinkan. Jika dicermati, akar krisis multi-dimensional ini terletak pada kemerosotan akhlaq. Kekarasan/tawuran, pelecehan seksual, narkoba dsb, fenomena ini menjadi berita yang sudah tidak asing lagi di dengar di telinga kita

Agama yang syarat akan adanya nilai-nilai moralitas dan kepribadian menjadikannya perlu ditranspormasikan kepada generasi muda sebagai ikon penerus bangsa. Oleh sebab itu perlu adanya konsep pendidikan Islam yang efektif, yang dapat menghantarkan nilai-nilai positif agar dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Disamping itu, agama juga menjadi pemenuhan kebutuhan batin individu yang secara naluriah sangat diperlukan oleh setiap manusia.

Islam sebagai agama rahmat memberi peluang kepada manusia untuk mengembangkan diri. Pengembangan diri berdasarkan wahyu merupakan cita-cita Al-Quran. Pengembangan diri tersebut merupakan bagian dari wahyu ketuhanan. Karena dalam al-Quran terdapat perintah untuk mengubah diri, perintah untuk banyak membaca, perintah untuk berfikir. Perintah-perintah tersebut mengindikasikan bahwa manusia diajarkan untuk mampu menempa diri dan mengembangkan bakat yang ada dalam dirinya.

Secara formal-konstitusional, pendidikan agama menempati posisi yang kuat,sebagaimana tercantum dalam amandemen UUD 1945 pasal 31 ayat 3 yaitu “Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam mencerdaskan kehidupan bangsa”. Selain itu dalam UU Sisdinas Pasal 30 ayat 2 yang intinya bahwa pendidikan agama berfungsi agar setiap peserta didik dapat mengamalkan nilai-nilai agamanya dan ahli agama.

Pendidikan bertujuan menimbulkan pertumbuhan seimbang kepribadian manusia melalui latihan spiritual, intelek, rasional diri, perasaan dan kepekaan tubuh manusia. Oleh karena itu, pendidikan hendaknya menyediakan jalan untuk pertumbuhan manusia dalam segala aspeknya, seperti spiritual, intelektual, imaginative, fisikal, ilmiah, linguistik, baik secara individual maupun secara kolektif dan memotivasi semua aspek untuk mencapai kebaikan dan kesempurnaan. Menurut Ali Asraf tujuan terakhir pendidikan muslim adalah perwujudan penyerahan mutlak kepada Allah, pada tingkat individual, masyarakat dan kemanusiaan.

Ali Asraf berpendapat bahwa pendidikan Islam adalah pendidikan yang melatih sensibilitas peserta didik sedemikian rupa, sehingga dalam perilaku mereka terhadap kehidupan, langkah-langkah dan keputusan dan pendekatan mereka terhadap semua ilmu pengetahuan mereka diatur oleh nilai-nilai etika Islam yang dirasakannya. Sikap tersebut terjadi karena berasal dari keyakinan ikhlas dari Tuhan.

Konsep Pendidikan Islam

Konsep pendidikan Islam dapat secara praktis diwujudkan melalui kurikulum, yang harus dirumuskan pertama untuk menjamin bahwa buku-buku teks yang tepatlah yang dihasilkan. Hal –hal yang hendaknya diperhatikan dalam menyusun kurikulum Islam adalah, pertama, konsep Islam tentang manusia sangat luas. Kedua, pengetahuan adalah sumber kemajuan dan perkembangan, Islam tidak membatasi pencapaian pengetahuan. Ketiga, besarnya penilikan harus konprehensif. Keempat, aspek spiritual, moral, intelektual, imajinatif dan fisik dan kepribadian seseorang harus perhatikan ketika membuat interelasi antara berbagai disiplin

Pertumbuhan kemampuan dan pikiran seorang anak harus menjadi pertimbangan untuk menyusun subyek dan rangkaian pelajaran dalam tahap-tahap yang bertingkat. Kelima, perkembangan kepribadian seharusnya dilihat dalam konteks hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dengan alam. Dalam, pengembangan kurikulum perlu juga pemantapan hirarki pengetahuan, pengetahuan intelektual hendaknya juga menjadi perhatian, termasuk keyakinan dan etika harus ditanamkan kepada seorang anak sejak tahap awal. Penjelasan tersebut merupakan hal-hal yang perlu menjadi perhatian dalam perencanaan kurikulum.

Peran Pendidik Terhadap Peserta Didik

Islam memberikan perhatian khusus terhadap masalah pendidikan. Posisi dan peranan guru mendapat kedudukan istimewa dalam kacamata seorang Muslim. Menurut sebuah hadits, Rasulullah SAW pernah berpesan bahwa setiap Muslim hendaknya menjadi pendidik atau menjadi orang yang dididik.

Ibnu Khaldun memandang usaha mendidik dalam aktivitas pendidikan sebagai salah satu salah satu pekerjaan yang memerlukan keahlian. Konsekuensi pandangan ini bahwa untuk menjadi seorang pendidik (guru), diperlukan beberapa kualifikasi tertentu. Untuk ini, Ibnu Khaldun menghendaki bahwa seorang pendidik harus memilki pengetahuan yang memadai tentang perkembangan kerja akal secara bertahap. Seorang pendidik harus menggunakan method mengajar yang bisa sesuai dengan tahap-tahap perkembangan peserta didik..

Adapun tugas dan peranan secara garis besar sebagai berikut : ia tidak hanya bertugas mentransfer ilmu kepada anak didik, tetapi juga harus mampu mentransfer iman dan akidah Islam; ia tidak hanya penyampai ilmu, tetapi juga harus menjadi pengamal pertama dari ilmu yang diajarkannya; ia tidak hanya wajib melaksanakan pendidikan di kelas sesuai jadwal yang telah ditetapkan, tapi juga harus setiap saat bisa melayani anak didik; ia tidak hanya menjadi pendidik di ruang kelas, tetapi juga menjadi pendidik di setiap tempat di mana pun ia berada; ia tidak hanya siap menjawab pengetahuan sesuai dengan bidangnya, tetapi juga harus mempu menjawab pertanyaan anak didik tentang Islam; ia tidak hanya dapat dipercaya dalam moral dan akhlaknya; ia tidak hanya harus sukses dalam melaksanakan tugas pendidikan di sekitar lembaga pendidikan, tetapi juga harus mampu melakukan hal yang sama di rumah dan di tengah masyarakat; ia tidak hanya harus mempertangungjawabkan segala langkahnya kepada lembaga, tetapi juga harus mempertanggungjawabkannya (secara moral) kepada umat dan kepada Allah; ia tidak hanya menjadikan dirinya sebagai teladan, tetapi keluarganya juga harus menjadi teladan bagi keluarga lain; hubungan antara para guru, pimpinan lembaga, orangtua, dan lain-lainnya harus diciptakan sebagai ukhuwah Islamiyah yang mengandung aspek-aspek ta’awun, musawah, tarahum, tadhamun, dan lain-lain.

Keberhasilan guru akan dapat dicapai apabila guru sadar betul akan hak dan kewajiban yang melekat pada profesinya. Hak dan kewajiban tersebut tidak saja nampak pada SK mengajar atau SK-SK lainnya, akan tetapi kesadaran akan hakikat pendidik sesuai dengan kultur, budaya, dan keyakinan yang dianut.

Bahan Bacaan

SuhartoFilsafat, Toto. Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz, Cet. I, 2006

Http://kotasantri.com/mimbar.php?aksi=Detail&sid=552, diakses pd tgl 30 Agu 2008 13:15:40 GMT.

Riwayat. Pemikiran Ali Asraf Tentang Konsep Pendidikan Islam, dlm http//riwayat.wordpress.com

Posted in pendidikan | 168 Comments »

168 Responses

  1. LESLIE Says:

    drug testing passing short notice

    Buy_generic meds…

  2. DALE Says:

    eye drops canine paralysis

    Buy_now…

  3. BOBBY Says:

    overweight employee abuse

    Buy_generic drugs…

  4. FRANCIS Says:

    adult male wheezing new onset

    Buy_drugs without prescription…

  5. ENRIQUE Says:

    liquid tylenol and dogs

    Buy_without prescription…

  6. LESTER Says:

    10 mg provera

    Buy_generic pills…

  7. IVAN Says:

    palpitations side effect homeo medications

    Buy_generic pills…

  8. NATHAN Says:

    meal plan for hypertension

    Buy_generic drugs…

  9. RAFAEL Says:

    scabies in dogs help

    Buy_generic drugs…

  10. ALFRED Says:

    herbals for pregnancy

    Buy_drugs without prescription…

  11. LESLIE Says:

    cause for morning erections

    Buy_generic meds…

  12. VICTOR Says:

    esophagus 2009 jelsoft enterprises ltd

    Buy_now it…

  13. OSCAR Says:

    prozac overdose and tardive dyskinesia

    Buy_generic meds…

  14. CHRISTIAN Says:

    inpatient drug rehab sanford fl

    Buy_it now…

  15. JIM Says:

    children during the depression

    Buy_drugs without prescription…

  16. REGINALD Says:

    acyclovir stada cream

    Buy_generic drugs…

  17. HARRY Says:

    .

    Buygeneric drugs…

  18. Timothy Says:

    .

    tnx for info….

Leave a Comment

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.